Daftar Blog

Selasa, 10 April 2012

Praktikum Dinamika Rotasi


Tujuan :
Mengetahui hubungan antara panjang poros terhadap kecepatan sudut

Alat & bahan :
1. Seutas tali elastis 200 cm
2. Sebuah tongkat panjang 60 cm
3. Dua buah tongkat penahan
4. Tutup kaleng berbentuk lingkaran dengan diameter 18 cm
5. Stopwatch

Langkah Kerja :

Praktikum I:
1. Siapkan tali elastis 200 cm, tongkat panjang, stopwatch sebagai penghitung waktu dan dua tongkat penahan.
2. Pasangkan tali elastis pada kedua tongkat penahan sehingga tali menjadi dua bagian dan masing-masing ujungnya ditarik oleh tongkat penahan tersebut.
3. Pasangkan tongkat panjang 60 cm di tengah-tengah tali elastis dengan poros 1/2 panjang tongkat. Lalu putar sepuluh putaran.
4. Hitung waktu yang dibutuhkan agar tongkat kembali seperti semula menggunakan stopwatch. Lakukan hal yang sama dengan poros 1/3 panjang tongkat, 1/4 panjang tongkat, 1/5 panjang tongkat dan 1/6 panjang tongkat.

Praktikum II
1. Siapkan tali elastis 200 cm, tutup kaleng berbentuk ligkaran, stopwatch sebagai penghitung waktu dan dua tongkat penahan.
2. Pasangkan tutup kaleng berbentuk ligkaran pada tali elastis dengan terlebih dahulu memberi lubang di lingkaran tersebut, dimulai dari 1/2 diameter. Letakkan kayu penahan di masing-masing ujung tali elastis sedemikian rupa, lalu putar sebanyak 10 putaran.
3. Hitung waktu yang dibutuhkan agar tutup kaleng kembali seperti semula menggunakan stopwatch. Lakukan hal yang sama dengan poros 1/3 diameter dan 1/6 diameter.

Download :

Tidak ada komentar: